img

Rutinitas Sholat Dhuha

DSC00136

Alhamdulillah….Teman-teman Al Ghifari rutin melaksanakan sholat dhuha. Hal ini terlaksana karena di SD Alam Al Ghifari memiliki kegiatan unggulan yang salah satunya adalah melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari di awal waktu sebelum pelajaran dimulai yaitu pukul 07.00 – 07.30 WIB.

Tahukah teman-teman….apa itu makna sholat dhuha?
Istilah “dhuha” dapat kita temukan di dalam Al-Qur’an lho……
Yaitu di dalam:
1. QS Thaha [20]:59
2. QS AI-‘Araf [7]:98
3. QS An-Nazi’at [79]:46)
kata “dhuha” dalam surat-surat tersebut dapat diartikan sebagai “pagi hari” atau “panas sinar matahari”. Selain itu, kata “dhuha” juga dapat kita temukan dalam QS Thaha [20]:119 dan QS As-Syams [91]:1 yang artinya “sinar matahari di pagi hari”. Serta kata “dhuha” juga dapat kita temukan dalam surat QS An-Nazi’at [79]:29 yang artinya “Siang yang terang”.
Namun,sebagian ulama memahami kata “dhuha” berdasarkan Surat Adh-Dhuha dan As-Syams, sebagai cahaya matahari secara umum, atau khususnya kehangatan cahaya matahari. Sehingga, sholat dhuha dilaksanakan ketika waktu pagi saat matahari naik sepenggalansebelum tengah hari.

Teman-teman…..
Sesuai dengan penjelasan mengenai makna sholat dhuha, ternyata ada rahasia istimewa dibaliknya.
Apa itu……?
Hikmah sholat dhuha
Jika teman-teman belum tahu….maka wajib menyimak informasi ini
Bagi teman-teman yang melaksanakan sholat dhuha secara istiqomah, insya’allah akan mendapatkan hal-hal berikut ini.
Sebagai pembuka pintu rezeki
Seperti yang disampaiakan Rasulullah pada hadist berikut: “Allah berfirman: Wahai anak Adam, jangan sekali-sekali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya”. (HR. Hakim dan Thabrani)
Hadis di atas menjelaskan bahwa Allah akan menjamin dan mencukupkan kebutuhan/ rezeki hamba-Nya yang tidak bermalas-malasan dan senantiasa menjalankan shalat dhuha. Maka, bagi teman-teman yang ingin dilapangkan pintu rezekinya, sebaiknya mengamalkan shalat dhuha secara rutin sebanyak 4 rakaat.
Selain itu, menurut Dr. Ebrahim Kazim, gerakan teratur dari shalat dapat menguatkan otot beserta tendonnya (urat keras yang menghubungkan otot dengan sendi atau yang menghubungkan otot dengan tulang), sendi dan berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular (sistem yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah). Sehingga ada ketegangan yang lenyap karena tubuh secara fisiologis mengeluarkan zat-zat seperti enkefalin dan endorphin. Zat ini sejenis morfin, termasuk opiate. Efek keduanya juga tidak berbeda dengan opiate lainnya. Bedanya, zat ini alami dan diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol.
Semoga bermanfaat

(*AN)

DSC00132 DSC00133 DSC00134 DSC00135 DSC00138

Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.