img

PRODUKSI MIE SEHAT

DSC01085  Haiiiiiiiiiii….teman-teman blogger…..
Kembali lagi bersama SD Alam Al Ghifari…..
Wah….ada kabar seru dan menyenangkan lho……
Hari ini (Jum’at, 28 Maret 2014), teman-teman SD Alam Al Ghifari khususnya kelas satu (1A, B dan C) melaksanakan kegiatan yang luar biasa.
Apa itu………………………………?
Hemmmmm….Kebayang gak ya, anak-anak yang masih kelas satu berumur 6 tahun bisa memasak?
Kalau di SD Alam Al Ghifari itu bukan lagi bayangan. Karena teman-teman SD Alam Al Ghifari memiliki wahana untuk melakukan hal itu yaitu dalam kegiatan Life Skill. Kali ini kegiatan Life Skill yang dilaksanakan adalah membuat mie sehat.
Wah…….asyiiik lho….
Kegiatan ini didampingi oleh Wali Kelas satu (Ustadzah Siti Masruroh, Ustadzah Ulfa dan Ustadzah Triana) selain itu juga dipandu oleh master chef yaitu Ustadzah Yuni. Mie sehat yang dibuat oleh teman-teman SD Alam Al Ghifari terbuat dari bahan-bahan seperti bisanya, namun ditambahi dengan sawi. Sehingga mie berwarna hijau dan mengandung banyak gizi.

Mengapa mie hijau (mie sawi) dikatakan sehat dan banyak mengandung gizi?

Sawi mengandung banyak gizi, antara lain:
1. Banyak mengandung vitamin, misalkan vitamin A, B, C, E dan K.
2. Mengandung karbohidrat, protein dan lemak baik berguna untuk menjaga kesehatan.
3. Mengandung kalsium, kalium, mangan, folat, zat besi, trptofon, dan magnesium.
4. Mengandung fiber atau serat yang kadarnya cukup tinggi.

Manfaat sawi antara lain:
1.     Kandungan vitamin yang cukup tinggi sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin paling tinggi yang ada di sayur sawi ini adalah vitamin K, di mana vitamin ini sangat berguna untuk pembekuan darah, sehingga luka akan cepat mengering.
Untuk kandungan vitamin C-nya, beberapa ahli mengatakan bahwa kadarnya hampir sama seperti jeruk. Ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
2.   Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat bagus untuk pembentukan dan menjaga kualitas tulang, sehingga bisa menghambat tulang keropos atau osteoporosis.
3.     Manfaat sayur sawi yang tak kalah penting adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab stroke atau penyakit jantung yang mematikan. Selain itu bisa untuk menurunkan kadar gula darah penyebab kencing manis.
4.     Sayur sawi memiliki komponen kimia penghambat penyakit kanker. Dari berbagai penelitian, sawi bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ginjal, kanker paru-paru atau kanker kandung kemih.
5.     Serat pangannya yang cukup tinggi bisa membantu proses pencernaan pada perut.
6.  Manfaat sayur sawi yang lain adalah mencegah terjadinya penyakit gondok. Sayur sawi memiliki komponen kimia yang bisa mencegah pembengkakan/pembesaran kelenjar tiroid. Sayur sawi termasuk sayur yang memiliki zat besi cukup bagus, sehingga sangat cocok bagi penderita anemia karena kandungan zat besi sawi mampu meregenerasi hemoglobin dengan sangat baik.

Manfaat sayur sawi yang begitu banyak sayang untuk dilewatkan……
Semoga bermanfaat. Amiin

(*AN)

DSC01096 DSC01087 DSC01071 DSC01063 DSC01057 DSC01073

Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.