MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KEGIATAN LIVE IN DI PEDESAAN

MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KEGIATAN LIVE IN DI PEDESAAN

OLEH : ASEP YANTO*

* GURU DAN KEPALA SEKOLAH SD ALAM AL GHIFARI

Program live in merupakan program pembelajaran untuk mengenal sebuah lingkungan penduduk, dengan mengikuti semua kegiatan mereka baik di rumah maupun saat bekerja di luar. program ini merupakan salah satu program penanaman karakter.

Pendidikan karakter adalah usaha sadar dan terencana dalam menanamkan nilai-nilai sehingga terinternalisasi dalam diri peserta didik yang mendorong dan mewujud dalam sikap dan prilaku yang baik.

Pendidikan karakter bukan terletak pada materi pembelajaran melainkan pada aktivitas yang melekat, mengiringi, dan menyertainya (suasana yang mewarnai, tercermin dan melingkupi proses pembelajaran pembiasaan sikap dan prilaku yang baik).   Pendidikan karakter tidak berbasis pada materi, tetapi pada kegiatan.

Proses terbentuknya pendidikan karakter adalah sebagai berikut:

  1. Melalui pendidikan, pengalaman, cobaan hidup, pengorbanan dan pengaruh lingkungan,kemudian terinternalisasi nilai-nilai sehingga menjadi nilai intrinsik yang melandasi sikap dan prilaku.
  2. Sikap dan perilaku tersebut dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan.
  3. Kebiasaan tersebut dijaga dan dipelihara maka jadilah karakter

Berdasarkan tiga hal diatas maka pendidikan karakter tidak dapat dilakukan hanya dengan metode ceramah guru di kelas, namun perlu diaplikasikan dalam kehidupan nyata siswa melalui kegiatan. sehingga sisiwa belajar ari mengalami.

penulis melakukan penilitain sejak 2014 sampai tahun 2017 pada kegiatan live in di peroleh data dampak dari kegiatan Live In Pedesaan  adalah tumbuhnya semangat dan karakter pada seluruh siswa. Dari haril analisis kegiatan dan pengumpulan data melalui angket kepada  siswa, guru dan orang tua, maka didapatkan data bahwa responden  mengatakan mereka setuju bahwa kegiatan Live In Pedesaan dapat menumbuhkan karakter  pada anak, nilai-nilai karakter yang muncul dari kegiatan ini adalah:

Menumbuhkan sikap hidup sederhana, bekerja keras, gotong royong, bertanggung jawab, tolong menolong, peduli dengan lingkungan, bekerjasama, sikap hidup mandiri, saling menghormati dan sikap hidup Jujur. Sikap-sikap ini sudah mulai hilang terutama di masyarakat perkotaan.

Selain itu  menanamkan semangat kepedulian dalam diri siswa-siswi untuk membentuk karakter, menjalani hidup apa adanya dengan beradaptasi dengan masyarakat dan juga lingkungan alam pedesaan

Manfaat program live in di desa ini adalah peserta live in dapat merasakan kekeluargaan, belajar memaknai tatacara hidup bermasyarakat di pedesaan,dan keharmonisan kebersamaan, dan menghargai perjuangan para orang tua yang telah menyediakan segala fasilitas bagi mereka yang terutama adalah mendapatkan suasana baru yang belum pernah mereka rasakan dan mendapatkan pelajaran untuk bisa mandiri, bertanggungjawab dan menghormati orang lain. Kesederhanaan, kejujuran dan juga kebersamaan masyarakat pedesaan juga diharapkan dapat menginspirasi para peserta setelah selesai kegiatan Live In di Desa.

Pecara spesifik kegiatan live in di pedesaan dapat menumbuhkan karakter peduli lingkungan. kepedulian siswa terhadap lingkungan dapat diwujudkan atara lain:

  1. Berusaha menjaga kelestarian lingkungan dengan terlibat dalam kegiatan penanaman pohon.
  2. Berusaha menjaga kerusakan lingkungan (dengan terlibat mengajak masyakat untuk tidak membuang sampah secara sembarang
  3. 3.berusaha melakukan penghematan sumberdaya alam yang ada di desa seperti air, bijak meanfaatkan kayu dan hasil pertanian`
Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.