img

KEGIATAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK)

DSC00110Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) merupakan salah satu muatan yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.

Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain.
Pendidikan Seni Budaya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.
SD Alam Al Ghifari memiliki program kegiatan SBK secara rutin setiap hari Sabtu, baik itu kelas 1, 2, 3, 4, 5, maupun 6. Sehingga, jadwal kegiatan SBK dilaksanakan secara serempak dan dalam waktu yang sama. Namun, pengajar dan kegiatan SBK berbeda-beda sesuai dengan kebijakan Wali Kelasnya masing-masing.
Semoga bermanfaat
(*AN)

DSC00108 DSC00109 DSC00111 DSC00113 DSC00114 DSC00116 DSC00117 DSC00120 DSC00125 DSC00127 DSC00130

Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.