img

HAFAL AL QUR’AN

Assalamu’alaikum……..
Hai teman-teman blogger ….
Kali ini SD Alam Al Ghifari akan berbagi informasi yang menarik lho
Apa itu…….?
Yuk, ikuti terus beritanya…..
(^_^)

Alhamdulillah….
SD Alam Al Ghifari memiliki program istimewa yang ditujukan untuk semua warga Yayasan Sekolah Alam Al Ghifari. Program ini sangat bermanfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Teman-teman blogger…..sudah ada yang bisa menghafal Al Qur’an atau belum…?

DSC00054 Yap….
Program yang kami maksud adalah menghafal Al Qur’an.
SD Alam Al Ghifari memiliki cara tersendiri agar siswanya bisa menghafal Al Qur’an dengan baik, minimal targetnya setelah lulus dari SD Alam Al Ghifari teman-teman bisa menghafal juz 29 dan 30. Bagaimana bisa ya?
Penasaran ya……
Ini rahasianya…..
SD Alam Al Ghifari sudah memiliki acuan tersendiri guna pengaturan hafalan bagi siswanya. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut:

 

 

 

1. Kelas I
Bagi siswa kelas I target hafalannya adalah murojaah QS An Nas – Ad Dhuha yang telah diperoleh ketika masih TK, kemudian ditambah dengan hafalan surat baru yaitu QS An Naba’ + An Naziat.
2. Kelas II
Bagi siswa kelas II target hafalannya adalah murojaah surat-surat yang diperoleh ketika kelas I dan ditambah hafalan QS Abasa, QS At Takwir, QS Al Infitor + QS Al Muthofifin.
3. Kelas III
Bagi siswa kelas III target hafalannya adalah murojaah surat-surat yang diperoleh ketika kelas II dan ditambah hafalan QS Al Insyiqoq, QS Al Buruj, QS At Thoriq + QS Al A’la.
4. Kelas IV
Bagi siswa kelas IV target hafalannya adalah murojaah surat-surat yang diperoleh ketika kelas III dan ditambah hafalan QS Al Ghosiyah, QS Al Fajr, QS Al Balad + QS As Syam.
5. Kelas V
Bagi siswa kelas V target hafalannya adalah murojaah surat-surat yang diperoleh ketika kelas IV dan ditambah hafalan QS Al Lail, QS Al Mulk + QS Al Qolam.
6. Kelas VI
Bagi siswa kelas VI target hafalannyajuz 29 dan 30 (murojaah).

Alhamdulillah….dengan strategi seperti ini mayoritas siswa SD Alam Al Ghifari mencapai target dengan baik. (^_^)

 

aq Tahukan teman-teman blogger, apa keutamaan dari orang yang menghafal Al Qur’an?
Ini dia……
1. Rasulullah SAW memberikan penghormatan kepada orang-orang yang mempunyai keahlian dalam membaca Al Quran dan menghafalnya,  memberitahukan  kedudukan mereka, serta mengedepankan mereka dibandingkan orang lain.
Dari Abi Hurarirah r.a. ia berkata:
Rasulullah SAW mengutus satu utusan yang  terdiri dari beberapa orang. Kemudian Rasulullah SAW mengecek kemampuan membaca dan hapalan Al Quran mereka: setiap laki-laki dari  mereka ditanyakan sejauh mana hapalan Al Quran-nya. Kemudian seseorang yang paling muda ditanya oleh Rasulullah SAW
Rasulullah SAW: “Berapa banyak Al Quran yang telah engkau hapal, hai pulan?”
Ia menjawab: aku telah hapal surah ini dan surah ini, serta  surah Al Baqarah.
Rasulullah SAW kembali bertanya: “Apakah engkau hapal surah Al Baqarah?”
Ia menjawab: Betul.
Rasulullah SAW bersabda: “Pergilah, dan engkau menjadi ketua rombongan itu!”.
Salah seorang  dari kalangan mereka yang terhormat berkata:  Demi Allah, aku tidak mempelajari dan menghapal surah Al Baqarah semata karena  aku takut tidak dapat menjalankan isinya.
Mendengar komentar itu, Rasulullah SAW bersabda:   “Pelajarilah Al Quran dan bacalah, karena perumpamaan orang yang mempelajari Al  Quran dan membacanya, adalah seperti tempat bekal perjalanan yang diisi dengan  minyak misik, wanginya menyebar ke mana-mana. Sementara orang yang mempelajarinya kemudia ia tidur –dan dalam dirinya terdapat hapalan Al Quran— adalah seperti  tempat bekal perjalanan yang disambungkan dengan minyak misik“.

2. Balasan Allah SWT di akhirat tidak hanya bagi para penghapal dan ahli Al Quran saja, namun cahayanya juga menyentuh kedua orang tuanya, dan ia dapat memberikan sebagian cahaya itu kepadanya dengan berkah Al Quran.
Dari Buraidah ia berkata:
Rasulullah SAW bersabda:  “Siapa yang membaca Al Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari Kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini: dijawab: “karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Quran”.
Kedua orang itu mendapatkan kemuliaan  Tuhan, karena keduanya berjasa mengarahkan anaknya untuk menghapal dan mempelajari Al Quran semenjak kecil. Dan dalam hadits terdapat dorongan bagi para bapak dan ibu untuk mengarahkan anak-anak mereka untuk menghapal Al Quran  semenjak kecil.
Alhamdulillah….
Bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang menginginkan buah hati tercinta bisa menghafal Al Qur’an dan berakhlak mulia, segera daftarkan buah hati tercinta di SD Alam Al Ghifari jalan Sumba no 38, Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar
Semoga bermanfaat
(*AN)

Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.