BEST PRACTICE

ABSTRAK
Aplikasi  Pendidikan Karakter Wirausaha Melalui Kegiatan Market Day di SD Alam Al Ghifari Kota Blitar
Oleh : Asep Yanto, S.Pd.T (Kepala Sekolah SD Alam Al Ghifari)
Penulisan karya ilmiah Best practice ini  bertujuan untuk memberikan gambaran keberhasilan membangun karakter siswa melalui kegiatan Market Day yang meliputi desain/ konsep dasar kegiatan Market day dalam praksis pendidikan karakter dan proses kegiatan Market Day dalam  pembentukan karakter siswa SD Alam Al Ghifari.
Subjek yang berperan adalah para guru, siswa dan wali murid SD Alam Al Ghifari. Objek kegiatan berupa aktivitas pembelajaran karakter pada kegiatan Market Day dan pendapat para guru, siswa dan wali murid terhadap pelaksanaan kegiatan Caffe Day. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan wawancara mendalam, angket, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Simpulan  kegiatan Market Day yang dilaksanakan menunjukkan hasil dan kolerasi yang positif dalam membangun karakter siswa diantaranya : (1) Jujur, (2). Disiplin (3). Tanggungjawab (4). Kreatif, (5). Inovatif, (6). Mandiri, (7) Tanggungjawab, (8). Kerjasama, (9). Kepemimpinan, (10). Pantang Menyerah, (11) Berani menangung resiko, (12) Komitmen, (13) Realistis, (14). Rasa ingin tahu, (15). Komunikatif, (16). Motivasi kuat untuk sukses dan (17). Berorientasi pada tindakan.  Selain itu siswa juga memiliki jiwa wirausaha yang antara lain: (1). Berani mengambil resiko, (2). Menyukai tantangan, (3). Daya tahan tinggi, (4) Visi ke depan dan (5). Memberikan yang terbaik.
Kata Kunci : Pendidikan  Karakter , Wirausaha, Kegiatan Market Day

Share Now

admin

More Posts By admin

Related Post

Leave us a reply

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.